Monday, November 30, 2015

Boneka Si Unyil

No comments
Beruntung saya lahir dan tumbuh di era 80-90an. Tapi harus pula bersedih. Sedih ini kusandarkan pada film anak-anak, Boneka Si Unyil, yang pada 5 April 1981 ditayangkan pertama kali di TVRI. Waktu itu saya belum lahir. Saya lahir 12 April 1983. 1993, film itu tak tayang lagi. Namun di masa kanak-kanak, dada saya masih sempat bergemuruh menunggu. Dan takut saat tokoh orang gila tiba tiba muncul di adegan film. Saya lupa nama orang gila itu.

30 tahun berlalu, sampai juga pada kesedihan yang sama. Kehilangan tokoh Unyil dan kawan kawannya, pun kehilangan yang terbesar adalah berpulangnya Pak Raden. Nama aslinya Drs. Suyadi. Ia yang lahir 28 November 1932, harus pergi Jumat 30 Oktober 2015. Saya merasa kehilangan. Kami merasa kehilangan. Kami yang tumbuh besar dengan tokoh-tokoh rekaan Pak Raden.

Di memori jangka panjang, saya masih mengingat jelas salah satu seri dalam Boneka Si Unyil. Unyil, Usro, Ucrit, Meilani, dan Cuplis menjadi pahlawan. Mereka bisa terbang. Lalu melawan para penjahat di hutan. Dalam seri itu, diceritakan Unyil hanya bermimpi. Saya ingat jelas adegan-adegan dalam film itu. Masih hidup dalam ingatan. Saat itu, mungkin saya berusia 6 tahun.

Nama Unyil sengaja dipilih Pak Raden yang dikenal suka mendongeng, sebab nama itu tidak identik dengan kesukuan atau agama. Sangat plural. Sangat banyak pelajaran berharga dalam film itu. Tokoh-tokohnya yang digambarkan beragam. Dari Unyil yang tampil dengan peci dan kain sarungnya. Ada pula Meilan yang digambarkan sebagai Tionghoa. Pak Raden yang berkumis tebal dan suka memakai blangkon. Pak Raden adalah tokoh pensiunan, yang kikir dan pemarah. Apalagi buah jambunya yang kerap dicuri anak-anak.

Saya juga suka tokoh Pak Ogah. Meski ia pemalas dan doyan minta cepek, Pak Ogah bersama Pak Ableh tinggal di Pos Siskamling, dan setia menjaga keamanan desa. Ada Usro, Ucrit, juga Cuplis berkepala plontos yang memiliki adik-adik berkepala plontos pula. Mbok Bariah juga tak ketinggalan dengan dialek kental Maduranya. Ta' Iye. Sembari menawarkan dagangan rujak petisnya.

Unyil sendiri memiliki adik bernama Kinoy yang lucu. Tak banyak lagi yang bisa diingat. Jika saja film Boneka Si Unyil bisa di download gratis. Seluruh episodenya akan saya tonton non stop. Dan satu-satunya adegan yang menjadi mimpi buruk adalah.... Orang gila itu. Sialan.

Ada yang ingat namanya?
margeraye.blogdetik.com

No comments :

Post a Comment